Sasaran Anak ASN dan THL 

Diskes Pekanbaru Bagi-bagi Vitamin A 

Drs M Amin Msi

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menggelar bulan vitamin A di komplek perkantoran Walikota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya, Kamis (1/8/2019) lalu. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru Drs Muhammad Amin MSi  mengatakan pada bulan vitamin A ini pihaknya membagikan vitamin A secara gratis untuk anak Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL). ''Dalam rangka bulan vitamin A yang biasa diperingati setiap Februari dan Agustus, kita bagi-bagi vitamin A dengan sasaran anak-anak pegawai dan THL yang berdinas di kantor walikota,'' terang  Amin kepada wartawan, Jumat (2/8/2019). 

Untuk anak usia 6-11 bulan, kata Amin, diberikan vitamin A kapsul biru dengan dosis 100.000 IU. Sementara anak usia 12-59 bulan diberi vitamin A kapsul merah dosis 200.000 IU. Khusus vitamih A kapsul merah juga diberikan kepada ibu yang dalam masa nifas,'' ujar Amin. Pemberian vitamin A, terang Amin, perlu dilakukan karena vitamin A/retinol terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertembuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi dan integritas sel epitel pelapis tubuh.

''Vitamin A ini juga dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Sebab, jika kekurangan vitamin A, maka bisa meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare,'' jelas Amin. Lebih jauh disampaikan Amin, bagi-bagi vitamin A itu nantinya juga akan dilakukan ke tengah-tengah masyarakat melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).''Bagi-bagi vitamin A ini juga bertujuan meningkatkan kekebalan tubuh bagi anak. Dan mengingat Kota Pekanbaru kini mulai diselimuti kabut asap kebakaran lahan di kabupaten/kota tetangga,'' tutur Amin. (Nd/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar